Jaringan Indihome Masih Terganggu, Akankah Konsumen Dapat Kompensasi?

Keluhan warganet soal lambatnya jaringan internet IndiHome masih banyak disampaikan di media sosial Twitter hingga kini. Sampai sekarang, kata kunci “Indihome” viral dan masih berada di deretan atas keyword trending Twitter dengan 9.255 cuitan beredar.

Gangguan layanan internet Indihome sebelumnya pernah terjadi pada pertengahan September 2021 lalu. Saat itu, penyebabnya adalah gangguan sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan ruas Batam-Pontianak (Jasuka).

Ketika itu, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. memberikan kompensasi kepada para pelanggan layanan internet Indihome. Kompensasi itu berupa pembebasan biaya untuk open channel mulai tanggal 26 September 2021 sampai dengan 15 Oktober 2021. Kompensasi tersebut diberikan untuk semua pelanggan yang berlangganan paket 3P dan 2P (internet plus televisi).

Lalu, bagaimana dengan gangguan jaringan internet Indihome kali ini? Apakah akan ada kompensasi bagi para pelanggan?

Apakah ada kompensasi?

Telkom Indonesia selaku penyedia layanan IndiHome belum memberikan tanggapan perihal kompensasi tersebut. Tapi melalui media sosial Twitter, akun @IndiHomeCare sempat menyatakan bahwa kompensasi akan diberikan jika terjadi gangguan dalam waktu 3×24 jam.

Saat itu kondisinya IndiHome sedang melakukan pemeliharaan jaringan. “Untuk kompensasi akan diberikan apabila pemeliharaan jaringan terjadi lebih dari 3×24 Jam. -Meika,” cuit akun @IndiHomeCare.

12 Selanjutnya

IndiHome adalah kependekan Indonesia Digital Home yang merupakan salah satu produk layanan dari Telkom Indonesia. Indihome memberikan paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif (UseeTV Cable, IPTV).

Layanan komunikasi dan data Indihome pagi ini mengalami gangguan dan dikeluhkan banyak penggunanya di media sosial. Gangguan terjadi mulai pukul 07.00 WIB pagi, tetapi ada juga yang mengeluhkan gangguan terjadi sejak semalam.

Associate Vice President External Corporate Communications, Telkom Indonesia, Sabri Rasyid, menyebutkan, saat ini sedang ada gangguan pada jaringan layanan internet Indihome. Gangguan ini telah memicu komplain dari sejumlah konsumen di media sosial.

“Kami mohon maaf dengan adanya ketidaknyamanan ini,” kata Sabri kepada Tempo, Rabu, 17 November 2021.

Hingga saat ini, kata dia, Indihome masih menelusuri penyebab terjadinya gangguan. “Mengingat gangguan terjadi hanya di beberapa titik area layanan,” ujarnya.

Sabri juga berjanji akan menyampaikan perkembangannya termasuk langkah perbaikan, sehingga layanan IndiHome diharapkan dapat pulih segera. “Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata dia.

BISNIS | FAJAR PEBRIANTO

Konsumen mendapat kompensasi saat ada gangguan layanan internet Indihome pada pertengahan September lalu. Bagaimana dengan kali ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.