6 Cara Mudah Mencegah Kekurangan Vitamin D Menurut Ahli Diet

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan banyak masalah, seperti perubahan suasana hati, nyeri tulang, dan kelelahan secara keseluruhan, menurut Cleveland Clinic. Tapi jangan khawatir karena efek kekurangan vitamin ini bisa hilang setelah memenuhi kebutuhannya.

Para ahli gizi mengungkap beberapa kebiasaan mudah untuk memastikan tidak kekurangan vitamin D, yang dilansir dari eatthis.com, Rabu, 29 September 2021.

1. Mengonsumsi lebih banyak makanan laut

Makanan laut memiliki banyak efek kesehatan yang positif. Selama Anda memilih ikan yang tepat, makanan ini dapat menjamin seseorang mendapatkan cukup vitamin D.

“Makanan laut, terutama jenis yang lebih berlemak seperti salmon liar, herring, sarden, dan tuna adalah sumber vitamin D yang sangat baik,” kata ahli diet Laura Ali. “Satu porsi 3 ons salmon liar dapat memberikan sekitar 50 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan.”

2. Makan banyak jamur

“Jamur adalah satu-satunya makanan nabati yang mengandung vitamin D dan makanan ini juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah vitamin D ketika terkena sinar ultraviolet atau sinar matahari langsung,” kata Ali. “Jamur Crimini, shiitake, tiram, dan jamur chanterelle semuanya mengandung vitamin D alami.”

3. Minum susu

Selain susu hewani seperti susu sapi atau kambing, banyak susu nabati yang juga diperkaya nutrisi ini.

“Susu yang diperkaya, termasuk susu sapi dan nabati seperti gandum, almond, dan kedelai, merupakan sumber vitamin D yang layak,” kata M. Kara. “Susu nabati yang diperkaya sangat membantu untuk vegetarian dan vegan.”

4. Makan biji labu

“Meskipun biji labu tidak menyediakan vitamin D, makanan ini adalah sumber magnesium yang hebat,” kata Megan Wong, seorang ahli diet. “Magnesium sangat penting untuk penyerapan dan metabolisme vitamin D. Dengan kata lain, jika mengonsumsi vitamin D sebanyak keinginan, tetapi tanpa magnesium yang cukup, tubuh tidak akan dapat memanfaatkan vitamin D dengan baik.

Wong menunjukkan bahwa porsi 1 ons biji labu menyediakan 18 persen dari nilai harian (DV) magnesium.

5. Jangan hindari kuning telur

Telur memiliki reputasi buruk sehingga banyak yang menghindarinya. Namun, jika ingin mendapatkan lebih banyak nutrisi penting, jangan hindari makanan utama ini.

“Kuning telur dapat memasok sekitar 5 persen dari nilai harian untuk vitamin D, meskipun jumlahnya mungkin jauh lebih tinggi pada telur dari ayam yang diberi pakan yang diperkaya vitamin D,” kata dokter Leann Poston.

6. Nikmati sinar matahari

“Cara termudah untuk mencegah kekurangan vitamin D adalah dengan pergi ke luar,” kata Silvia Carli, seorang ahli diet. “Paparan sinar matahari memungkinkan tubuh untuk mensintesis vitamin D melalui kolesterol dalam darah kita.”

Dari mengonsumsi makanan laut, biji labu, sampai keluar rumah disebut membantu memenuhi asupan vitamin D tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.