Tanda Depresi Pasca Melahirkan yang Harus Diwaspadai

Merasa sedih terus-terusan setelah melahirkan? Bisa jadi itu merupakan gejala depresi pasca melahirkan atau postpartum depression. Kondisi ini normal dialami ibu baru melahirkan. Jika tanda-tandanya diketahui sejak dini, masalah ini bisa diatasi.

Depresi pasca melahirkan bisa terjadi karena seorang ibu baru mungkin merasa tertekan, memiliki masalah dengan pola tidur, kecemasan, dan tangisan. Perubahan suasana hati adalah beberapa dari tanda-tanda umum tetapi tidak perlu khawatir, semuanya memudar.

Kehamilan dan waktu setelah melahirkan cukup penting bagi seorang ibu. Emosi yang naik turun bak rollercoaster serta perubahan dalam hidup mungkin berdampak pada kesehatan mental. Dari kegembiraan, ibu yang mengalaminya bisa menjadi sedih bahkan tak mau dekat dengan bayi.

Gangguan ini mempengaruhi kemampuan ibu untuk merawat diri sendiri atau bayinya. Gangguan ini terbilang lebih parah dibandingkan wanita yang mengalami baby blues syndrome.

Sebelum berlarut-larut, kenali beberapa tanda-tanda awal depresi pasca-persalinan berikut ini, dilansir dari Pink Villa, Rabu, 6 Oktober 2021.

-Ibu memiliki perasaan tidak layak dan tidak mampu

-Kurang tidur atau insomnia atau terlalu banyak tidur

-Merasa tidak berdaya

-Kegelisahan

-Kecemasan atau serangan panik

-Menangis berlebihan

-Perubahan suasana hati yang parah

-Selalu marah, frustrasi atau gelisah pada pasangan

-Kehilangan nafsu makan atau pesta makan karena stres dan kecemasan.

-Tidak aktif, lesu, merasa malas sepanjang waktu. Tidak ada energi untuk melakukan tugas apa pun.

-Merasa terus-menerus sedih dan rendah tanpa alasan tertentu.

-Tidak dapat terikat dengan bayi

Gejala depresi pasca melahirkan biasanya terjadi dalam minggu pertama melahirkan. Jika mengalami gejala yang tersebut di atas, segera berkonsultasi dengan terapis dan mencari bimbingan profesional untuk mengatasinya.

Depresi pasca melahirkan mempengaruhi kemampuan ibu untuk merawat diri sendiri atau bayinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.