Resep Mudah dan Praktis Membuat Cireng, Dibuat Crispy pun Bisa

Aci goreng atau yang sering dikenal dengan sebutan cireng merupakan makanan atau jajanan ringan yang berasal dari daerah Bandung. Makanan yang satu ini bahan dasar yang digunakannya adalah tepung aci, atau yang lebih dikenal dengan tepung kanji.

Bukan hanya cireng, sebenarnya olahan-olahan lain yang menggunakan tepung aci atau kanji juga cukup banyak. Contohnya seperti cimol, cilok, dan juga tentunya cireng. Sama halnya seperti jajanan pasar lain yang murah, enak, dan mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan membuatnya cukup di gemari oleh banyak orang.

Selain itu seiring berjalannya waktu, olahan cireng telah banyak mengalami perubahan atau memiliki berbagai variasi. Salah satunya yaitu cireng crispy.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin membuat cireng, pasti ingin mengetahui bahan-bahan apa saja yang digunakan serta tahap pembuatannya, bukan? Nah, berikut resep membuat cireng yang praktis.

Bahan-bahan 1. 250 gram tepung aci atau tepung kanji. 2. 50 gram tepung terigu. 3. 2 sendok teh lada bubuk4. 2 siung bawang putih yang terlah dihaluskan 5. Seledri yang telah di iris 6. 1 batang daun bawang yang telah di iris halus7. Garam secukupnya8. Serta minyak goreng secukupnya.

Cara pembuatan cireng1. Sediakan wadah yang cukup besar untuk tempat mencampurkan tepung kanji dan tepung terigu.2. Kemudian mulai masukkan bumbu-bumbu seperti, bawang putih, garam, dan lada ataupun marica.3. Lanjut masukan daun bawang yang telah diris begitu juga dengan daun seledri, lalu aduk semua bahan secara merata. 4. Panaskan air diatas kompor, jika telah mendidih tuangkan air panas secara perlahan. Ingat anda harus tetap mengaduk adonan dan juga uleni. Tuang air panas secukupnya, hingga adonan cireng tidak menggumpal. 5. Jika sudah, ambil sedikit demi sedikit adonan, lalu pipihkan dengan menggunakan telapak tangan anda.6. Terus lalukan hal tersebut hingga adonan habis. Perlu anda ketahui, saat membentuk adonan diharapkan membuatnya tidak terlalu besar. Karena saat nanti di goreng cireng akan mengembang. 7. Jika adonan cireng telah habis dan terbentuk semuanya, lanjut panaskan minyak goreng pada wajan. 8. Jika sudah, anda bisa menggoreng cireng dengan api sedang saja hingga cireng matang dengan sempurna, jangan lupa juga untuk membolak balikan cireng agar tidak gosong dan masak di satu sisi saja. 9. Tetap lakukan hal tersebut hingga adonan cireng masak semua. Kemudian anda bisa mulai meniriskan cireng yang sudah masak tersebut. 10. Jika sudah, maka Anda bisa sajikan cireng dengan saus sambal atau cabai utuh.

ASMA AMIRAH

Membuat cireng tak begitu sulit. Berikut resep membuat cireng dengan bahan yang mudah diperoleh. Kudapan yang murah meriah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.