Trik Simpel untuk Mengatasi Rambut Berminyak

Ketika kulit di bagian atas menjadi terlalu kering, kelenjar sebaceous Anda bekerja keras untuk mengisi kembali minyak alami yang berharga itu—yang, pada gilirannya, dapat membuat rambut Anda tampak berminyak.

Ini adalah masalah umum bagi mereka yang keramas berlebihan. Rambut Anda terasa berminyak, jadi Anda lebih sering keramas, yang menghilangkan kelembapan kulit kepala dan memacu lebih banyak produksi sebum. Meskipun skenario ini terdengar frustasi, cobalah untuk menganggap peningkatan minyak sebagai tanda bahwa kulit Anda benar-benar berusaha membantu Anda.

Untuk menghentikan siklus, kuncinya adalah dengan melatih kulit kepala Anda untuk menghasilkan lebih sedikit minyak. Ada salah satu trik untuk mencegah kepala kepala berminyak. Dalam percobaan tunggal, penata rambut Jenna Pitocco, menemukan bahwa jika dia membasahi rambutnya (tanpa produk apa pun), dia dapat secara efektif mengangkat kotoran dari kulit kepalanya tanpa menghilangkan kelembapannya. “Saya masih akan membuatnya basah, tetapi alih-alih mencucinya, saya akan menggosok kulit kepala saya dengan sangat baik,” katanya, seperti dilansir dari laman Mind Body Green. “Itu masih akan menghancurkan semua kotoran, debu, minyak, dan segalanya.”

Karena mereka yang memiliki kulit kepala berminyak biasanya tidak cocok dengan co-washing (paling baik untuk jenis rambut kering yang membutuhkan kelembapan ekstra), teknik ini mengikuti irama yang sama tanpa menambahkan lebih banyak slip pada helaiannya. Anda bahkan bisa melakukan co-wash yang tepat seminggu sekali untuk mendapatkan kelembapan, lalu gunakan air saja untuk hari-hari bilas lainnya.

“Begitulah cara melatih kulit kepala Anda untuk menghasilkan lebih sedikit minyak saat Anda ingin mencuci rambut lebih jarang,” tambah Pitocco, terutama di bulan-bulan musim panas yang lembap. Anda masih dapat menghilangkan semua keringat dan penumpukan dengan ujung jari Anda, tetapi Anda tidak menggunakan surfaktan yang sebenarnya untuk membersihkan.

Seiring waktu, Pitocco menambahkan, Anda dapat memperpanjang waktu antara pembilasan air tersebut saat Anda melatih kulit kepala Anda. “Saya bahkan tidak perlu membasahi kulit kepala saya dan menggosoknya seperti dulu,” catatnya. “Rambut saya tidak terlalu basah, dan kulit kepala saya tidak berminyak seperti dulu.” Pada titik ini, Anda akan tahu bahwa Anda dan kulit kepala Anda berada di halaman yang sama.

Tentu saja, Anda tetap ingin memasukkan sampo sesering mungkin untuk benar-benar membersihkan kulit kepala Anda dengan baik. Waktunya berbeda tergantung pada jenis rambut, lingkungan, dan gaya hidup Anda, tetapi ketahuilah bahwa trik membilas tidak dimaksudkan untuk bertahan selamanya. Mungkin butuh lebih banyak atau lebih sedikit waktu untuk menyesuaikan diri dengan jadwal pembilasan yang baru.

Rambut Anda terasa berminyak, jadi Anda lebih sering keramas, yang menghilangkan kelembapan kulit kepala dan memacu lebih banyak produksi sebum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.