Tips Membangun Rumah di Lahan Sempit

Memiliki lahan terbatas memang menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi Anda yang ingin membangun rumah. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir karena ada banyak inspirasi rumah menarik yang bisa Anda di lahan sempit. Membangun rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan segala sesuatu dengan matang. Untuk memudahkan dalam proses pembangunan rumah, Anda bisa mengikuti tips membangun rumah di lahan sempit.

Tips Membangun Rumah di Lahan Terbatas

Jika Anda memiliki tanah sampai di daerah perkotaan atau pedesaan, serta ingin membangun bangunan di sana, sebaiknya mengikuti tips membangun rumah yang akan diulas di sini. Langsung saja ini dia tipsnya:

  • Bangun Rumah 2 LantaiĀ 

Tips pertama yang bisa dilakukan jika Anda memiliki lahan terbatas adalah memilih desain rumah dua lantai atau lebih. Jika ternyata dana yang dimiliki cukup banyak, rumah dua lantai atau tiga lantai bisa menjadi solusi menarik.

Bangunan bertingkat seperti ini cocok untuk Anda yang memiliki banyak anggota keluarga. Dengan membangun rumah bertingkat Anda bisa menyesuaikan jumlah kamar berdasarkan jumlah anggota keluarga.

  • Bangun rumah dengan atap cor

Apabila Anda berencana untuk membangun rumah satu lantai saja, Anda bisa memaksimalkan luas bangunan pada lahan yang tersedia. Akan tetapi jangan lupa menyediakan lahan untuk halaman depan serta tempat parkir.

Banyak orang yang saat ini senang membangun rumah dengan atap cor. Atap seperti ini bisa memberikan fungsi lebih. Anda bisa menggunakannya untuk tempat bersantai atau berkumpul dengan keluarga. Atap cor tersebut nantinya juga bisa Anda kembangkan menjadi rumah bertingkat atau sekedar dibuat model seperti gazebo dengan atap galvalum.

Meskipun Anda memiliki lahan yang sempit, akan tetapi jika memiliki atap dak yang fungsional tentu bisa menggunakannya untuk berbagai kegiatan santai bersama keluarga.

  • Memaksimalkan desain bangunan

Penting bagi setiap orang yang ingin membangun rumah untuk memilih desain bangunan yang tepat. Lahan sempit tetap bisa digunakan untuk membuat bangunan yang indah asalkan memilih desain dan inspirasi rumah terbaik. Hindari membangun rumah dengan desain terlalu rumit yang justru membuang-buang lahan sehingga kurang fungsional.

  • Lakukan konsultasi dengan tukang

Sebelum membangun rumah, Anda bisa melakukan konsultasi dengan tukang yang menangani rumah Anda nantinya. Anda bisa berkonsultasi mengenai banyak hal mulai dari desain, bagaimana cara agar rumah terlihat luas, dan lain sebagainya.

Jangan lupa juga untuk mendiskusikan tentang material yang sebaiknya digunakan. Jika Anda ingin menemukan material dan bahan konstruksi bangunan berkualitas dengan harga terbaik maka bisa memilih material dari SCG. Anda dapat membeli berbagai macam material mulai dari semen, beton, pipa, semen mortar, dan lain sebagainya di toko bangunan terdekat.

Salah satu material unggulan dari SCGBM Indonesia adalah semennya. Semen dari SCG memiliki tekstur yang halus serta lebih kokoh meskipun takaran campuran lebih sedikit dibandingkan dengan semen biasa. Anda bisa menghemat pengeluaran dalam membangun rumah jika memilih semen dari SCGBM Indonesia.

Material lain yang juga bisa digunakan adalah smart block. Material ini cocok untuk membangun rumah satu lantai atau rumah bertingkat. Kelebihan dari smart block ini memiliki ketahanan panas hingga 10 kali lebih baik dibandingkan beton biasa. Selain itu, material ini juga bagus dalam meredam suara serta tidak mudah terbakar. Meskipun bobotnya lebih ringan, akan tetapi Anda tidak perlu meragukan kekuatannya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai berbagai macam material berkualitas dari SCG, langsung saja kunjungi website scgcbm.id. Tips membangun rumah di atas akan sangat bermanfaat apalagi jika Anda memilih material berkualitas dari SCG.

 

Memiliki lahan terbatas memang menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi Anda yang ingin membangun rumah. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir karena ada banyak inspirasi rumah menarik yang bisa Anda di lahan sempit. Membangun rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan segala sesuatu dengan matang. Untuk memudahkan dalam proses pembangunan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.