Kesehatan

Perilaku Yang Bikin Susah Tidur

Tidur yang cukup setelah sibuk beraktivitas sapa yang tidak mau? Namun terkadang mata susah sekali disuruh merem, walau pun sudah berada diatas kasur. Hal ini harus segera ditangani, jangan sampai kamu insomnia dan menyebabkan berbagai penyakit fisik maupun mental

Mungkin kamu akan sadar, ternyata susah tidur itu akibat perilaku kamu sendiri. Nggak percaya? Simak lebih lanjut artikel ini.

Cahaya kamar yang kurang gelap

Melansir laman National Geographic, cahaya lampu yang terang bisa mengurangi produksi melatonin – hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal yang menyebabkan kantuk. Pantasan jadi susah tidur kepala pusing mual, lampunya aja masih terang begitu.

Masih mengakses handphone atau laptop menjelang tidur

Inilah alasan kebanyakan remaja sekarang pada suka begadang, dengan adanya internet pada kartu smartfren mereka sudah terlena surfing dimedsos. Padahal sama seperti lampu, cahaya dari barang elektronik ini akan menyerang retina dan mengganggu hormon melatonin. Nggak cuma bikin sulit tidur, hal ini juga bisa membuatmu ngantuk di pagi hari. Nggak heran kamu juga jadi susah tidur siang hari. Berhenti bermain ponsel sebelum tidur adalah cara mengatasi susah tidur dan gelisah paling sulit dijalani memang.

Suhu tubuh dan ruangan yang terlalu hangat

Suhu yang terlalu hangat bisa menghambat tidur mencapai fase yang lebih dalam atau fase bermimpi. Itulah kenapa mimpi akan sering muncul ketika suhu ruangan saat tidur cenderung stabil atau mengarah ke dingin.

Mengonsumsi protein berlebihan

Konsumsi protein membutuhkan energi cukup banyak untuk mencernanya. Hal ini bisa membuat sistem pencernaan terus bekerja sekalipun sudah masuk waktu tidur. Susah tidur karena asam lambung bakal sering terjadi karena penyebab ini. Sebaliknya, alangkah lebih baik kamu mengonsumsi kacang-kacangan, susu, atau teh kamomil sebelum berbaring di kasur karena merupakan makanan untuk susah tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *