Hindari Minum Teh Setelah Makan Daging

Bagi masyarakat Indonesia, minum teh setelah makan adalah hal yang biasa. Namun, perlu diketahui bahwa minum teh setelah makan daging perlu dihindari dihindari.

Melansir situs Dinas Kesehatan Kota Madiun, tidak disarankan untuk minum teh saat memakan daging merah, seperti daging sapi atau kambing. Hal itu disampaikan oleh Ika Setyani, ahli gizi dari MRCCC Siloam Semanggi.

Ika menjelaskan bahwa teh mengandung senyawa alami tanin yang dapat menghambat penyerapan zat besi dari dalam daging. Sementara daging merah merupakan sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi.

Dalam 100 gram daging mengandung 6 persen zat besi. Namun, konsumsi teh ketika menyantap daging akan menyebabkan asupan zat besi dari daging tidak akan terserap sempurna.

“Misalnya, tubuh harusnya 100 persen menyerap zat besi, tapi karena minum teh yang mengandung tanin, penyerapannya tidak akan mencapai 100 persen,” kata Ika.

Senyawa Tanin

Senyawa tanin dalam teh sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan. Di antaranya untuk antidiare, antibakteri, sampai antioksidan. Namun, ketika bertemu zat besi dalam daging, tanin akan mengikat dan menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

Menurut sejumlah penelitian, senyawa tanin dalam teh merupakan inhibitor potensial karena dapat mengikat zat besi dan membentuk Fe-Tanat. Senyawa ini tidak larut dan tidak bisa diserap dalam sistem pencernaan.

Ikatan kompleks dari zat besi dan tanin yang tidak larut di sistem pencernaan ini tidak akan berfungsi lagi untuk tubuh. Tubuh akan mengeluarkannya dalam bentuk kotoran.

Manfaat Zat Besi

Manusia sangat membutuhkan zat besi. Manfaat zat besi di antaranya adalah membawa oksigen ke seluruh tubuh dan membantu pembentukan hemoglobin.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan terkena gangguan kesehatan. Jika tubuh kekurangan zat besi dalam jumlah tinggi akan berisiko terkena anemia.

Alih-alih minum teh seusai makan daging, Ika pun menyarankan untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung vitamin C, misalnya jus jeruk. Menurutnya, kandungan vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi jadi lebih cepat.

M. RIZQI AKBAR

Sambut Idul Adha, Coba Resep Sate Kambing Sambal Kecap

Meminum teh setelah makan daging bisa menghambat penyerapan zat besi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.