4 Wahana Kereta Gantung di Indonesia: Ada yang Pernah Tampil di Running Man

TEMPO.CO, Jakarta -Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berencana membuat wahana kereta gantung di kawasan Wisata Danau Toba.

Kereta gantung yang hendak dibangun, juga dapat menjadi transportasi ramah lingkungan karena menggunakan energi baru dan terbarukan.

Hal ini Sandiaga Uno sampaikan pada kunjungannya ke Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Rabu, 10 November 2021.

Di Indonesia terdapat beberapa kereta gantung yang telah beroperasi, hampir seluruhnya digunakan untuk wahana tempat wisata. Berikut beberapa tempat wisata yang menyediakan wahana kereta gantung:

Kereta gantung yang berada di TMII digunakan untuk memanjakan mata pengunjung untuk melihat “Nusantara” dalam keberagaman, jajaran pulau-pulau, anjungan daerah, dan seluruh sarana rekreasi di TMII dari atas.

Kereta gantung ini memiliki 85 kabin penumpang yang menempuh tiga stasiun, yaitu A, B dan C. Jalur membentuk huruf “V”. Jarak tempuh keseluruhan yaitu 2.688 m dengan ketinggian mencapai 20 m dari permukaan tanah. Untuk menikmati wahana kereta gantung di TMII, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp50.000.

Selain di TMII di Taman Impian Jaya Ancol atau biasa dikenal dengan Ancol ini juga terdapat wahana kereta gantung gondola. Tak hanya digunakan untuk sarana rekreasi, mobilisasi di Ancol sebagian juga menggunakan gondola ini. Saat menaiki gondola ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan Ancol dan Dufan dari ketinggian. Dengan kapasitas hingga 6 orang perkabin dikenakan biaya sekitar Rp70.000.

Pulau Kumala terletak di tengah Sungai Mahakam Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Kereta gantung atau gondola yang ada di sini digunakan untuk menghubungkan tempat wisata pulau Kumala dengan daratan Kalimantan di sisi Tenggarong Seberang sebelah timur sungai. Dengan menggunakan gondola, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan Sungai Mahakam dan sekitarnya dari ketinggian. Biaya yang dipatok juga cukup terjangkau, yaitu sekitar 5-7 ribu rupiah per penumpang.

Pulau Timang yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta ini memiliki daya tarik tersendiri dengan adanya kereta gantung manual yang menghubungkan Pulau Timang dengan pantai yang masih asri.

Kereta gantung di Pulau Timang memiliki ketinggian 98 m di atas permukaan laut. Hanya dengan Rp 5.000, pengunjung dapat menikmati sensasi melintasi Pantai Selatan Jawa dari atas. Tak hanya itu, kereta gantung di tempat ini juga pernah digunakan untuk lokasi syuting

Kereta gantung di tempat wisata Yogyakarta ini juga pernah digunakan lokasi syuting Running Man, variety show dari Korea Selatan di 2017 . Penasaran?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.