Kesehatan

Penyebab Leher Sakit Setelah Menggunakan Laptop Terlalu Lama, Berikut Cara Pencegahannya

Sebagian orang mungkin pernah tiba tiba merasa sakit pada leher setelah menggunakan laptop terlalu lama. Terkait hal ini, Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Konsultan Tulang Belakang Eka Hospital BSD dr Asrafi Rizki Gatam SpOT (K) memberi penjelasan. Rasa nyeri atau sakit pada leher ini disebabkan beban otot lebih besar.

Tekanan pada bantalan tulang leher lebih tinggi ketika menunduk dalam waktu yang lama. "Menopang beban otot lebih besar, tekanan ke bantalan tulang leher lebih tinggi," kata dr Rizki dalam media briefing di Jakarta Selatan, Senin (25/12/2023). Biasnaya gejala dirasakan adalah nyeri di bagian leher belakang atau kadang disertai sakit kepala.

Penyebab Leher Sakit Setelah Menggunakan Laptop Terlalu Lama, Berikut Cara Pencegahannya Doa Sakit Gigi dan Pencegahannya, Lengkap Penyebab dan Cara Mengobatinya Doa Sakit Gigi dan Cara Mengobatinya, Lengkap Penyebab dan Pencegahannya

Sidang Kasus Narkoba, Eksepsi Tio Pakusadewo Ditolak, Anaknya Sedih Kanker Kolorektal Paling Banyak Diderita di NTB, Berikut Penyebab dan Cara Pencegahannya Doa Sakit Gigi dan Penyebabnya, Lengkap Cara Mengobati dan Pencegahannya

Kenali Penyebab Polio dan Pencegahannya Perhatikan 5 Hal Berikut Sebelum Menggunakan Cicilan untuk Beli Laptop Idaman Lebih lanjut dr Rizki pun bagikan tips pencegahannya.

Di antaranya mengubah sikap bekerja, duduk, dan berdiri. Pertama, tempat duduk yang baik pertama memiliki tempat duduk yang ergonomis. Kursi yang ergonomis adalah kursi yang mampu menopang punggung dengan baik.

Sebaiknya bisa disesuaikan dan memiliki penyokong punggung sesuai dengan posisi meja Kedua, kursi memiliki lumbar support. Penyangga pinggang atau lumbar support ini berfungsi untuk menguatkan tubuh bagian atas tetap tegak dan kuat.

Ketiga, kursi dianjurkan punya armrest atau sandaran tangan. Selanjutnya perlu menyesuaikan posisi duduk yang ideal. Bagaiman posisi duduk ideal?

Satu posisi lutut dan panggul sudut 90 derajat. "Kedua kaki kita menempel dengan lantai. Kemudian bekerja di depan komputer mata kita harus sejajar dengan ujung atas layar," katanya. Lalu, yang harus diperbaiki berapa lama duduk.

Maksimal setiap setengah jam diselingi dengan berdiri dan berjalan minimal 15 menit. Menurutnya posisi berdiri pun cukup berpengaruh. Biasanya badan akan bungkuk ke depan.

"Biasakan berdiri badan harus tegak. Ketika badan tegak, beban bantalan tulang belakang jauh berkurang," kata dr Rizki. Terakhir, ia mengimbau untuk melakukan aktivitas secara rutin. "Mau tidak mau banyak olahraga. Terutama melatih otot perut dan sekitar tulang belakang," katanya.

Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk melatih otot perut dan tulang belakang tanpa perlu menggunakan alat. "Contoh plang, gerakan yang melatih kekuatan otot perut. Kedua sit up melatih otot perut kemudian back up dan lainnya," ucap dr Rizki. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *