Pentingnya Manajemen Sampah

Hingga saat ini masyarakat Indonesia masih kurang edukasi mengenai bagaimana cara melakukan pengelolaan sampah yang benar. Hal itu pada akhirnya membuat banyak sekali sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga menumpuk dan berbahaya bagi kesehatan. 

Sampah yang dibakar sangat berbahaya karena menghasilkan bahan kimia dan hal itu akan memuai ke udara dan memicu terjadinya polusi. Karena itulah, melakukan manajemen sampah dengan bijak akan membantu dalam menyelamatkan lingkungan. Untuk mengetahui bagaimana cara melakukan manajemen sampah yang tepat dan apa pentingnya melakukan manajemen sampah tersebut, maka Anda perlu membaca uraian berikut ini.

Apa Pentingnya Manajemen Sampah?

 

Tujuan dari proses pengelolaan sampah atau manajemen sampah yaitu agar sampah tersebut mempunyai nilai ekonomi serta tidak membuat sampah berbahaya bagi lingkungan. Dengan melakukan pengelolaan sampah rumah tangga yang tepat dan benar, maka Anda bisa membantu dalam menekan dampak negatif sampah tersebut pada lingkungan sekitar.

Namun sebelum mengerti bagaimana cara melakukan pengolahan yang praktis, maka Anda perlu mengetahui lebih dahulu jenis-jenis sampah yang di konsumsi rumah tangga. Terdapat dua jenis sampah rumah tangga antara lain yaitu sampah anorganik dan sampah organik.

Sampah organik merupakan sampah yang berasal dari bahan makanan yang Anda konsumsi seperti contohnya tulang ikan, kulit sayur dan buah, tulang ayam cangkang telur dan lain sebagainya. Sedangkan untuk sampah anorganik merupakan sampah seperti kertas, plastik, kardus, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimanakah cara pengolahan sampah rumah tangga yang praktis? Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Memisahkan Tempat Sampah

Cara yang pertama yaitu Anda siapkan dua tempat sampah untuk masing-masing jenis sampah. Usahakan tidak mencampur antara sampah organik dan sampah anorganik di satu tempat.

Mengganti Alas Plastik Menjadi Koran atau Kardus

Tentunya disini ketika Anda memiliki tempat sampah akan menggunakan alas plastik untuk memudahkan dalam mengangkut sampah tersebut. Maka sebaiknya mulai sekarang Anda mengganti alas plastik tersebut dengan bahan seperti koran, kardus atau mungkin Anda juga tidak perlu menggunakan alas.

Jadikan Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos

Cara melakukan pengelolaan sampah rumah tangga selanjutnya yaitu dengan Anda mengolah sampah berbahan organik yang ramah lingkungan menjadi kompos untuk kegiatan berkebun. Bagi Anda yang tidak hobi berkebun, maka disini Anda tetap bisa menyumbangkan kompos tersebut pada organisasi ataupun kerabat yang hobi dalam melakukan kegiatan berkebun. Sehingga dengan begitu sampah organik yang dihasilkan rumah tangga Anda akan jauh lebih bermanfaat.

Daur Ulang Sampah Anorganik Kering

Cara selanjutnya yaitu dengan Anda mendaur ulang sampah anorganik kering. Barang-barang seperti contohnya botol bekas bisa Anda jadikan pot tanaman, kaleng dapat juga Anda jadikan sebagai tempat untuk menyimpan bumbu. Selain itu juga Anda dapat memilah sampah plastik tertutup. Seperti contohnya botol plastik yang mana disini bisa Anda daur ulang menjadi hal-hal lain. 

Mengolah Sampah Berbahaya

Pastikan di sini Anda tidak membuang barang berbahaya dan memiliki kandungan kimia seperti tinta printer atau baterai ke tempat sampah biasa. Sampah yang memiliki kandungan kimia tersebut memang sangat berbahaya sekali bagi lingkungan sekitar. 

Biasakan di sini Anda memisahkan sampah jenis tersebut dan buang langsung ke tempat pembuangan akhir. Sedangkan untuk sampah-sampah elektronik yang telah rusak, maka Anda dapat mengembalikan ke perusahaan untuk didaur ulang menjadi produk elektronik baru.

Melakukan proses manajemen sampah atau pengolahan sampah ini memang cukup rumit, terlebih jika sampah yang dihasilkan cenderung banyak. Maka dari itulah, saat ini telah banyak sekali jasa manajemen sampah yang bisa Anda manfaatkan. 

Salah satu rekomendasi jasa manajemen sampah terbaik dan berkualitas serta mampu bekerja secara profesional yaitu waste4change. Untuk mengetahui apa saja paket jasa manajemen sampah yang disediakan oleh pihak jasa ini, maka Anda bisa langsung mengunjungi alamat website resminya di https://waste4change.com 

 

 

 

Hingga saat ini masyarakat Indonesia masih kurang edukasi mengenai bagaimana cara melakukan pengelolaan sampah yang benar. Hal itu pada akhirnya membuat banyak sekali sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga menumpuk dan berbahaya bagi kesehatan.  Sampah yang dibakar sangat berbahaya karena menghasilkan bahan kimia dan hal itu akan memuai ke udara dan memicu terjadinya polusi. Karena…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.