Keuntungan Menggunakan Aplikasi UMKM yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini aplikasi UMKM semakin banyak digunakan karena berguna dalam mengelola pembukuan keuangan. Bisa dibilang pembukuan manual menggunakan kertas sudah diganti dengan digital dan sangat bermanfaat bagi UMKM.

Aplikasi UMKM adalah aplikasi yang bisa sangat membantu dalam mencatat semua transaksi keuangan dengan lebih mudah. Lebih dari 6,5 juta pebisnis telah beralih dari pembukuan manual ke pembukuan digital menggunakan aplikasi UMKM.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Aplikasi UMKM?

  1. Dapat Mencatat Transaksi

Dengan fitur pencatatan transaksi, Anda dapat menggunakannya untuk mencatat transaksi masuk dan keluar. Semua catatan yang dibuat di aplikasi UMKM akan disimpan dengan aman dan Anda tidak perlu khawatir kehilangannya. Semakin banyak Anda membuat catatan, semakin bisnis Anda meroket!

  1. Dapat Mencatat dan Mengingatkan Hutang kepada Nasabah

Fitur hutang di aplikasi UMKM dapat memudahkan Anda untuk mencatat semua hutang piutang yang berhubungan dengan pelanggan. Fitur ini juga dapat digunakan untuk mengirim pesan tagihan hutang kepada pelanggan dan juga dapat digunakan sebagai pengingat hutang melalui sms atau whatsapp.

Pesan otomatis ini biasanya digunakan agar nasabah dapat membayar utangnya tepat waktu dan tidak melewati tanggal jatuh tempo pada tagihan pembayaran. Di aplikasi UMKM, juragan bisa mengecek utang usaha mana yang sudah lunas atau belum. Kemudian Anda juga dapat mengatur tanggal jatuh tempo pembayaran.

  1. Dapat Menjadi Pengingat Catatan Harian

Aplikasi UMKM juga memiliki fitur pengingat harian. Sesuai dengan namanya, fitur ini memudahkan Anda untuk membuat jadwal harian pengingat pencatatan otomatis (utang, transaksi dan pembayaran) dengan mudah.

  1. Fitur Laporan Keuangan Akurat

Kemudian keuntungan menggunakan aplikasi UMKM selanjutnya adalah adanya fitur laporan yang akurat. Fitur ini membantu Anda dalam membuat laporan keuangan harian, mingguan dan bulanan. Anda tidak perlu bingung lagi untuk merekap semua transaksi keuangan satu per satu. Jadi lebih mudah kan?

  1. Bantu Kelola Stok dengan Mudah

Kemudian keunggulan selanjutnya adalah adanya fitur stock management yang dapat digunakan untuk mengelola stock barang di aplikasi UMKM secara efisien dan praktis. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan minimal 3 catatan di halaman transaksi. Nantinya fitur ini otomatis muncul dan siap digunakan.

Setelah memasukkan nama produk dan menambahkan jumlah stok barang yang tersedia. Jangan lupa tambahkan unit produk per pcs, box, kg, atau kaleng, atau lainnya dan akhiri dengan klik simpan. Jika stok barang menipis, Anda bisa langsung melihatnya di tab low stock. Semua kegiatan stock stock barang lebih hemat kan?

  1. Ada Fitur Cashier Mode yang Bisa Membantu Jualan Lebih Efektif

Adanya fitur cashier mode ini dibuat untuk membantu juragan yang kewalahan karena banyak walk-in atau pelanggan online dalam satu waktu. Hal ini akan berdampak pada pencatatan transaksi yang dapat digunakan dan dapat digunakan secara bersamaan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda harus mencatat 1 transaksi dan menambahkan 1 produk dalam stok. Fitur ini juga membantu juragan dalam melakukan pencatatan dan penjualan dengan cepat, seperti menjadi kasir. Selain itu juga membantu nahkoda dalam memantau transaksi dan stok barang secara bersamaan.

  1. Bisa Membuat Kartu Nama Digital Dengan Mudah

Lalu ada fitur kartu nama digital yang bisa digunakan untuk berbagi kartu nama digital dengan pelanggan melalui Instagram, whatsapp dan aplikasi lainnya. Sudah ada beberapa desain kartu nama yang bisa dipilih untuk dijadikan media promosi.

Saat ini aplikasi UMKM semakin banyak digunakan karena berguna dalam mengelola pembukuan keuangan. Bisa dibilang pembukuan manual menggunakan kertas sudah diganti dengan digital dan sangat bermanfaat bagi UMKM. Aplikasi UMKM adalah aplikasi yang bisa sangat membantu dalam mencatat semua transaksi keuangan dengan lebih mudah. Lebih dari 6,5 juta pebisnis telah beralih dari pembukuan manual ke…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.