Bisnis

Jenis Asuransi Kematian Untuk Perlindungan Seumur Hidup

Kematian merupakan resiko yang bisa dialami oleh siap saja dan bisa terjadi kapan saja. Setiap orang pada akhirnya akan meninggal dunia apabila memang sudah waktunya dan dapat dicegah. Menerapkan gaya hidup, berhati-hati dalam berkendara, hingga melindungi diri menggunakan asuransi kematian  bukan merupakan upaya pencegahan tetapi bisa digunakan untuk memberikan hidup yang lebih tenang karena terlindungi secara finansial dan juga berusaha untuk hidup sehat dan menjauhkan diri dari penyakit.

Asuransi jiwa bisa menjadi pilihan untuk perlindungan resiko meninggal dunia yang bisa terjadi kapan saja. Karena resiko seseorang dapat meninggal dunia bisa dialami kapan saja di segala usia, sehingga tidak heran apabila perlindungan dengan asuransi jiwa yang dipilih bisa untuk memberikan perlindungan seumur hidup. Dari banyaknya pilihan produk asuransi jiwa yang tersedia, pilih produk asuransi jiwa yang mempunyai perlindungan dengan manfaat bisa untuk memberikan proteksi seumur hidup hingga usia tertanggung mencapai 100 tahun.

Dengan usia rata-rata hidup di Indonesia yang tidak mencapai 100 tahun, tentunya perlindungan asuransi hingga 100 tahun bisa digunakan untuk perlindungan jangka yang panjang sehingga terlindungi secara finansial ketika mengalami kematian di masa proteksi asuransi yang dipunyai. Perlindungan asuransi jiwa seumur hidup mempunyai dua karakteristik yang perlu diketahui.

Pertama adalah merupakan produk asuransi kematian yang memang mempunyai manfaat utama untuk perlindungan seumur hidup pada tertanggung. Sehingga ketika terjadi resiko kematian di saat polis masih berlaku, maka akan mendapatkan manfaat uang pertanggungan yang telah dipilih sebelumnya.

Karakteristik selanjutnya dari asuransi jiwa seumur hidup adalah memberikan manfaat dengan unsur tabungan karena jangka waktu perlindungannya yang panjang. Sehingga produk asuransi jiwa seumur hidup bisa digunakan untuk mempersiapkan tabungan di masa depan. Selain dari dua karakteristik asuransi jiwa seumur hidup seperti di atas. Perlindungan yang diberikan asuransi jiwa seumur hidup juga bisa dipilih dari jenisnya, yaitu:

  1. Asuransi jiwa seumur hidup tradisional

Jenis pertama ketika akan memilih produk asuransi jiwa seumur hidup adalah traditional whole life insurance atau asuransi jiwa seumur hidup tradisional. Untuk jenis ini merupakan produk asuransi yang mempunyai ciri dengan premi yang didapatkan yaitu tidak akan meningkat.

Asuransi jiwa seumur hidup mempunyai perlindungan dengan besar premi yang didapatkan akan bertambah seiring dengan masa proteksi yang dipunyai. Sehingga semakin bertambah usia, maka besaran premi yang dibayarkan oleh tertanggung akan menjadi lebih besar. Akan tetapi hal tersebut tidak didapatkan pada produk asuransi jiwa seumur hidup tradisional yang mempunyai besar premi yang didapatkan tidak mengalami peningkatan seiring dengan usia tertanggung.

  1. Asuransi jiwa seumur hidup last survivor

Jenis selanjutnya yang bisa dipilih ketika akan membeli produk asuransi jiwa seumur hidup adalah last survivor life insurance. Untuk produk asuransi jiwa seumur hidup jenis ini mempunyai dua tertanggung yang dipunyai. Manfaat yang didapatkan dari produk last survivor life insurance adalah ketika kedua orang tertanggung yang ada di dalam polis asuransi meninggal dunia.

Premi asuransi jenis ini disesuaikan dengan kesepakatan apakah dibayarkan hingga tertanggung pertama meninggal dunia atau hingga tertanggung kedua meninggal dunia. Jenis last survivor life insurance dapat digunakan untuk pasangan untuk mempunyai dana warisan setelah meninggal dunia.

  1. Asuransi jiwa seumur hidup gabungan

Jenis terakhir yang bisa dipilih adalah produk asuransi jiwa seumur hidup gabungan. Asuransi jenis ini memberikan manfaat yang bisa didapatkan hingga tertanggung meninggal dunia kecuali ketika mempunyai dua tertanggung yang ditanggung di dalam polis asuransi. Jenis asuransi jiwa seumur hidup gabungan akan memberikan uang pertanggungan pada tertanggung yang masih hidup atau ketika masa pertanggungan berakhir.

Di atas merupakan jenis asuransi jiwa seumur hidup yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Selain untuk perlindungan seumur hidup, ada juga pilihan asuransi kematian lainnya yang bisa dipilih yaitu yang memberikan perlindungan dengan jangka pendek mulai dari 1 tahun saja seperti produk Flexi Life dari I Love Life dari Astra yang lebih cocok untuk yang baru akan membeli asuransi jiwa untuk perlindungan bagi tulang punggung keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *