Apa Itu Shipping dan Hal Yang Berkaitan Dengannya

Pengertian shipping sering dikaitkan dengan dunia pelayaran. Secara garis besarnya, shipping adalah aktifitas pemindahan atau pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain yang dilakukan secara fisik. Semua pemindahan tersebut bisa menggunakan sarana transportasi udara, laut maupun darat.

Shipping dalam dunia bisnis online adalah proses pengiriman paket berupa barang yang dipindahkan dari pihak penjual ke tangan jasa pengiriman hingga ke tangan konsumen akhir. Pengertian shipping pada mulanya istilah perpindahan barang di laut.

Namun  seiring perkembangan jaman dan kemajuan bisnis online, saat ini banyak orang yang menggunakan istilah shipping dalam dunia bisnis online dan pengiriman barang lewat udara dan darat.

Yang paling banyak digunakan dari shipping atau perpindahan barang dalam bisnis online shop adalah lewat jalur darat. Karena lebih menghemat biaya. Namun demikian disamping keunggulannya terdapat kekurangannya yakni dari segi waktu yang lebih lambat. Perpindahan barang lewat darat bisa mencapai 10 hari lebih hingga tiba di tujuan.

Shipping yang paling cepat tentu menggunakan pesawat terbang atau lewat udara. Akan tetapi perpindahan barang melalu jalur udara jarang dilakukan orang. Disebabkan biaya ongkirnya yang sangat mahal ketimbang perpindahan lewat jalur darat dan laut.

Bisnis online yang dilakukan secara internasional seperti perdagangan dalam tingkat internasional, untuk pengiriman biasanya lewat jalur laut yang murah sekali dalam segi pembiayaan transport.  Akan tetapi yang jadi kekurangannya lambat sekali dalam pengiriman sampai membutuhkan waktu berminggu-minggu lebih.

Dalam menjalankan bisnis toko online, sebuah perusahaan shipping sangat dibutuhkan untuk menyalurkan distribusi barang. Namun adanya beban biaya ongkir menjadi tanggungan bagi pihak penjual yang membuat biaya perpindahan barang lebih mahal lagi. Oleh sebab itu, beberapa toko online sangat mungkin mengirimkan barangnya sendiri dalam area terdekat.

Hal Yang Berkaitan Dengan Shipping

Berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan apa itu shipping, antara lain :

  1. Biaya ongkir

Perusahaan shipping  membebankan biaya ongkir kepada pihak penjual atas barang yang akan dipindahkan ke tangan konsumen. Penentuan biaya ongkos kirim ditentukan oleh bobot benda tersebut dalam satuan kilogram dan volume benda tersebut dalam meter kubik.

Bagi kalangan pelaku usaha tentu tidak asing lagi dengan aplikasi cek ongkir. Aplikasi cek ongkir adalah sebuah aplikasi yang dipergunakan untuk mengetahui tarif biaya ongkir dari satu kota ke kota lain  atau dari satu negara ke negara lain maupun dari satu propinsi ke provinsi lain. Tentu tarif biaya ongkir berbeda-beda bergantung jarak lokasi pengiriman barang maupun jasa ekspedisi yang dipergunakan.

Untuk menentukan ongkir, perusahaan jasa pengiriman menerapkan biaya ongkir bervariasi.  Untuk membantu mengetahui biaya ongkir dari satu daerah ke daerah lain hadir aplikasi cek ongkir seperti Aplikasi Selly. Yang menjadi kelebihan aplikasi cek ongkos kirim Selly adalah tampilan lebih modern dan lebih mutakhir.

Anda tentu ingat dengan layanan cek ongkos kirim pada waktu dulu. Umumnya masih dijalankan secara manual. Namun seiring dengan perkembangan yang kian canggih membuat kegiatan cek ongkir lebih cepat digunakan dan tanpa menggunakan website. Anda bisa melakukan cek ongkir cukup di hp android dengan mendownload dan menggunakan aplikasi cek ongkir Selly.

  1. Cara mengumpulkan barang

Penentuan biaya ongkos kirim ditentukan juga oleh cara pengambilan barang. Secara umum terjadi dua cara pengambilan barang yakni pihak perusahaan shipping mengambil langsung dari tangan penjual. Yang kemudian dikirimkan ke pihak pembeli. Sedangkan cara kedua adalah pihak penjual mengirimkan benda paket ke pihak jasa pengiriman. Yang kemudian dipindahkan ke tangan konsumen.

Bagi perusahaan shiping sendiri yang mengambil barang kepada pihak penjual maka biaya ongkir cenderung lebih tinggi dengan adanya biaya tambahan.

Pengertian shipping sering dikaitkan dengan dunia pelayaran. Secara garis besarnya, shipping adalah aktifitas pemindahan atau pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain yang dilakukan secara fisik. Semua pemindahan tersebut bisa menggunakan sarana transportasi udara, laut maupun darat. Shipping dalam dunia bisnis online adalah proses pengiriman paket berupa barang yang dipindahkan dari pihak penjual ke…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.